Tunggu Pilkada, Pemudik Belum Kembali Dari Kampung Halaman

Rjpkr88newsflash Jakarta Arus balik pemudik dari beberapa daerah di Jawa atau luar Jawa ke Jakarta dengan kapal laut belum juga sepadan dengan angka keberangkatan.

Manager PR serta CSR PT. Pelni (Persero) Akhmad Sujadi menyampaikan, sekurang-kurangnya ada seputar 50 % pemudik asal Jawa Tengah serta Jawa Timur yang belum juga kembali dari kampung halaman. Hal semacam itu dilandasi atas pembelian ticket kapal yang menuju ke Jakarta.

Iya sangkaannya mereka (pemudik) masih tetap menanti Pilkada. Dari 3. 000 ticket yang tempo hari pergi, sekarang ini pemesanan baru di angka 1. 200 untuk Jateng serta tak jauh beda dari Jawa timur, ” kata Sujadi dihubungi Liputan6. com, Jakarta, Kamis 21 Juni 2018.

Sujadi meneruskan, angka pemudik yang belum juga kembali juga berlangsung di Sulawesi Tenggara dari cabang Baubau. Menurut Sujadi, pemesanan ticket malah berlangsung di tanggal 28 Juni, 1 serta 2 Juli 2018.

Sesaat dari data pemesanan ticket kapal yang pergi tanggal 22 Juni cuma mengangkut tak lebih 2. 000 pemudik.

Ini umumnya full selalu kian lebih 2. 000 penumpang. Iya kan Pilkada serentak tanggal 27, Kepulauan Buton mengadakan Pilkada bupati, wali kota serta gubernur. Begitupun di Jateng serta Jawa timur, diprediksikan tunggulah Pilkada, tutur Sujadi.

Sekarang ini telah ada 2 kapal motor (KM) Sabuk Nusantara serta 1 KM Camara Nusantara yang di operasikan PT. Pelni yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok.

Mereka pergi dengan cara konvoi dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah. Kapal type 2. 000 GT itu mengangkut 644 pemudik serta 292 unit sepeda motor, papar Sujadi.

Sedikit yang Telah Kembali

Pada awal mulanya KM Dobonsolo juga sudah tiba serta mengangkut seputar 600 pemudik.

Kehadiran pemudik itu adalah ke-2 kali pada arus balik angkutan Lebaran dari Semarang ke Jakarta yang pergi Selasa 19 Juni 2018 tempo hari.

Sesaat dari Cabang Belawan, Medan, Sumatera Utara KM Kelud maksud Tanjung Balai serta Batam pada pelayaran perdana arus balik dari Belawan mulai dipadati penumpang.

KM Kelud yang pergi Selasa 19 Juni sudah tiba di Batam serta turunkan 2. 017 penumpang. Sesaat penumpang kelanjutan ke Jakarta ada 818 perlahanggan. Kapal type 2. 000 pax itu dari Belawan mengangkut 3. 141 perlahanggan Pelni maksud Tanjung Balai, Batam serta Jakarta.

Penumpang KM. Kelud kian lebih 2. 000 orang turun di Batam, ke Jakarta cuma 818 perlahanggan, Sujadi memungkasi.