Ini sanksi Yang Tidak Registrasi Kartu Sim Prabayar

Rjpkr88newsflash – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengimbau masyarakat segera melakukan registrasi kartu SIM prabayarnya sebelum diblok total pada akhir Maret 2018.

Yang belum registrasi dilakukan pembatasan layanan tidak bisa telepon, namun untuk registrasi SMS masih bisa. Nah, ini waktunya masih ada 1 bulan,” ujar Rudiantara usai menjadi keynote speaker dalam “Seminar Go Digitalisasi di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (7/3).

Menurut Rudiantara, konsekuensi yang diterima nantinya akan diterima secara bertahap. Nomor telepon yang tidak melakukan registrasi ulang, tidak lantas akan langsung dinonaktifkan, namun secara bertahap dilakukan pemblokiran dan penonaktifan terhadap kartu tersebut.

“(Masa tenggang) 1 sampai 31 Maret, tidak bisa menerima telepon dan SMS. Lalu kemudian ada waktu dua minggu, lalu dua minggu lagi. Sesudah itu tidak bisa sama sekali. Terakhir bulan April, sudah diblok semuanya,” kata Rudiantara.

Sebelumnya, Menkominfo mengumumkan bahwa pelanggan seluler, baik baru maupun lama, mesti registrasi NIK dan nomor KK miliknya. NIK dan nomor KK tersebut selanjutnya akan diverifikasi kebenarannya berdasarkan database kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri.

Rjpkr88newsflash