Cara Mengatasi Ngatuk Selama Bekerja Saat Bulan Puasa

ngatuk

Wajar jika orang yang sedang puasa mengantuk pada siang hari, karena saat malam dihabiskan dengan berbagai macam aktivitas ibadah. Ditambah lagi bangun sebelum Subuh untuk makan sahur.

Rasa mengantuk yang menyerang di siang hari tentunya sangat mengganggu. Terutama jika Anda harus bekerja dan dituntut menjalankan pekerjaan kantor seperti biasanya.

Secara biologis, tubuh manusia mengikuti ritme sirkadian, yaitu sebuah proses fisiologis yang mengatur aktivitas bangun-tidur. Jika selama ini Anda tidak terbiasa bangun malam, saat berpuasa tubuh akan mengirim sinyal untuk tidur di siang hari.

Penyebab lain mengapa orang berpuasa mudah mengantuk saat siang hari adalah karena kurangnya asupan glukosa untuk otak. Asupan glukosa pun menjadi berkurang

Untuk Anda tidak mengantuk saat menjalankan

Tidur lebih awal
Dianjurkan untuk memulai tidur lebih awal saat malam. Usai menjalankan ibadah malam tidurlah tepat pada pukul 10 malam. Kemudian kembali bangun di waktu sahur untuk kembali melanjutkan ibadah.

Konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur
Pilihlah menu sahur Anda secara bijak. Menu sahur sangat berperan terhadap kondisi tubuh Anda di siang hari saat berpuasa. Pilihlah makanan yang termasuk jenis karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, seperti kurma, oatmeal, beras merah, kentang, jagung, ubi jalar, alpukat, dan kedelai. Makanan berjenis karbohidrat kompleks dapat membantu memperlambat pengosongan lambung, sehingga membuat Anda tidak mudah mengantuk.

Jangan makan sahur terlalu kenyang
Makan terlalu banyak saat sahur bisa menyebabkan Anda mengantuk di siang hari. Lambung Anda butuh waktu untuk memproses makanan yang masuk ke dalamnya. Jika terlalu banyak makanan yang masuk, maka lambung akan bekerja terlalu berat dan lambat. Hal tersebut dapat mengakibatkan kondisi mengantuk.

Tidak tidur lagi setelah shalat subuh
Tidur lagi setelah salat Subuh merupakan godaan yang berat bagi orang yang sedang puasa di bulan Ramadan. Apalagi dalam kondisi perut kenyang, rasa ngantuk biasanya mudah datang. Tidur lagi setelah sholat subuh membuat Anda sulit bangun kembali. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti joging atau jalan santai setelah Subuh agar tidak tergoda untuk tidur.

Rjpkr88newsflash